BREAKING NEWS

Selasa, 29 September 2015

Pasar Apung Jenggik Tak Laku

*Desa Minta Izin, Pemerintah Pikir-Pikir

KOSONG: Inilah deretan ruko di atas Dam Jenggik, Terara, Lombok Timur yang kosong tak berpenghuni. Komplek pertokoan yang dibangun Pemda Loti mini tak kunjung diminati pegusaha.

SELONG - Pasar Apung Jenggik, Lombok Timur (Lotim) yang dibangun sejak 2012 lalu, hingga kini tak kunjung difungsikan. Belum ada yang berminat pada 16 los toko yang tepat berada di perbatasan Lotim menuju Lombok Tengah tersebut.

“Sudah beberapa kali dicoba, tapi tak bisa untung,” kata Kabid Retribusi, Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset (PPKA) Lotim L Fauzan Ansori, kemarin (28/9).
Dia menjelaskan, sejumlah pengusaha yang pernah coba difasilitasi memilih balik kanan. Tak adanya pembeli membuat tidak ada pihak yang berminat menyewa deretan toko tersebut. Padahal, untuk membangunnya, tak sedikit dana bantuan pusat dikucurkan saat itu. 

Beragam cara pernah dicoba untuk menarik minat calon penyewa. Bahkan siapa yang berminat sempat diberikan gratis sewa pada bulan-bulan awal untuk menarik penyewa lain dan membuat kawasan itu menjadi ramai.

“Tapi sayang, digratiskan saja tak ada yang mau,” jawabnya.
Yang terbaru, Pemerintah Desa Jenggik, tempat toko-toko tersebut berada sudah mengajukan permohonan pengelolaan. Terkait permintaan itu, pemerintah katanya sedang mengkaji ulang. Namun Fauzan memberi sinyal, daripada kosong lebih baik diberikan pada desa. Polanya bisa saja menyewa semuanya selama satu tahun atau bisa juga dengan pola bagi hasil tergantung keuntungan yang didapat desa. 

“Kita masih pikir-pikir dulu,” jawabnya.

Pengajuan permohonan itu dibenarkan Samsul Hadi, Kades Jenggik. Pihaknya berencana menghidupkan UKM di desanya yang selama ini terkendala tempat berjualan. Menurutnya kawasan itu potensial untuk dikembangkan, letaknya yang berada di jalur utama dan perbatasan sangatlah bagus. Terlebih, keramaian remaja sekitar selalu ada di seputaran kawasan itu setiap sore harinya. 

“Mudah-mudahan disetujui untuk kami kelola, dari pada seperti ini terus,” ujarnya. (yuk/r3)

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 Info NTB Share on Blogger Template Free Download .