BREAKING NEWS

Selasa, 29 September 2015

Penderita HIV/AIDS di Loteng 128 Orang

*Terbanyak di Praya dan Batukliang

Sek. Komisi Penanggulangan HIV/AIDS
MEMBEBERKAN: Sekretaris Komisi Penanggulangan HIV/AIDS (KPA) Lombok Tengah (Loteng) HL Sabit, saat membeberkan data penderita HIV/AIDS.


PRAYA - Komisi Penanggulangan HIV/AIDS (KPA) Lombok Tengah (Loteng) merilis, jumlah penderita penyakit tersebut di Loteng terus meningkat. Tercatat sejak tahun 2006-2014 mencapai 113 orang. Jumlah tersebut kini naik menjadi 128 orang, atau meningkat 15 persen.
“Para penderita sudah kita berikan penanganan medis dan diisolosi,” kata sekretaris KPA Loteng HL Sabit, kemarin (29/9).
Dikatakannya, penderita terbanyak ditemukan di Kecamatan Praya, menyusul Batukliang, Kopang dan Praya Barat Daya. Komposisinya penderita laki-laki 51 persen dan perempuan 49 persen.

“Ada petani, sopir, pegawai negeri dan swasta,” bebernya.
Untuk penderita laki-laki, terangnya terjadi lantaran gonta-ganti pasangan. Sedangkan perempuan, akibat proses kelahiran, hingga penyebab dari suami yang seringkali “jajan di luar”. Untuk itulah, bagi laki-laki yang sering “jajan di luar” disarankan menggunakan alat pengaman berupa kondom. Jika tidak, penyakit itu justru tertular pada istri atau pasangan lainnya.
“Untuk menekan angka penyakit berbahaya itu, kami gencar melakukan sosialisasi. Hanya saja, kami terbentur anggaran,” kata mantan sekretaris Dinas Kesehatan (Dikes) Loteng tersebut.

Sebagai langkah antisipasi, pihaknya telah menggandeng lima Puskesmas sebagai contoh, guna mendeteksi penderita HIV/AIDS. Sebut saja, Puskesmas Praya, Mujur, Mantang, Kuta dan Jonggat. 


“Bagi yang merasa, silakan saja kunjungi Puskemas yang dimaksud. Nama dan identitas kami rahasiakan,” seru Sabit.(dss/r3) 

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 Info NTB Share on Blogger Template Free Download .