BREAKING NEWS

Sabtu, 19 September 2015

Aparat Bekerjasama Tidak Sekadar saat Razia

*Sisi Lain Bersih-Bersih Taman Selong

Taman Rinjani Selong
BERSIH-BERSIH: Polisi dari Satlantas Polres Lotim bersama sejumlah aparat lintas sektor saat membersihkan Taman Rinjani Selong, Kamis (17/9).


Sejumlah aparat lintas sektor bahu membahu melakukan pembersihan Taman Rinjani Selong, Kamis lalu (17/9). Dengan seragam kebesarannya masing-masing mereka turun langsung menyapu dan mengangkat sampah yang ada. Hal ini mendapat apresiasi luas dari masyarakat.

***

KAMIS (17/9), Taman Rinjani Selong terlihat lebih ramai dari hari biasanya. Padahal hari itu bukanlah hari libur. Mereka yang memenuhi taman berbeda  masyarakat pada umumnya yang datang rekreasi. Masih dengan seragam kedinasan yang lengkap para aparat itu menjadi yang mendominasi di sana. 

Ada polisi dari satuan lalu lintas, ada juga LLAJ dari Dinas Perhubungan. Tapi mereka tidak sedang melakukan razia kendaraan pribadi ataupun angkutan umum. Ada juga pasukan penegak perda, Satpol PP Lotim, namun mereka juga bukan hendak merazia para pedagang kecil yang berjualan di sana. 

Tak kalah banyak ada perwakilan tentara juga di sana. Namun sekali lagi, bukan untuk berperang sesuai tugas pasukan loreng. ”Kami kumpul untuk bersih-bersih taman,” kata AKP Supyan Hadi, Kasat Lantas Polres Lotim yang ditemui di lokasi.

Ya, bersih-bersih taman.Itulah misi yang diusung pasukan yang sangat lekat dengan seragamnya masing-masing tersebut. Setelah baris berbaris di bagian depan taman, keempat pasukan itu mulai menyebar. Tanpa dikomando seperti biasanya, mereka melakukan pembersihan di semua area taman. 

Semua membaur, campur baur menjadi satu, tak tampak kumpulan satu pasukan dengan seragam yang sama di satu titik. Sungguh contoh kebersamaan yang indah untuk dilihat. ”Jangan ada jarak di antara kita,” kata Salmun Rahman, Kasat Pol PP Lotim.

Kendati diikuti langsung sejumlah pimpinan tertinggi masing-masing satuan, tak tampak adanya jarak kala itu. Bahkan mereka dengan pangkat tertinggi tak segan turun langsung menyapu, memunguti sampah, dan mengangkutnya ke truk yang sudah menunggu. AKP Supyan Hadi bahkan harus terbatuk-batuk berulang kali. 

Debu yang beterbangan membuatnya kewalahan bahkan kepayahan. Namun ia dan yang lainnya tak menyerah, mereka menyelesaikan misi kali itu dengan sempurna. Tamanpun menjadi bersih dan makin indah. Sejumlah masyarakat yang datang bersantai di sana memberikan apresiasinya.

Mereka menganggap sudah semestinya abdi negara berbuat lebih untuk masyarakat. Kendati berbeda dengan tugas utama, bukan berarti apa yang dilakukan itu keliru. ”Sangat bagus, kita salut dengan yang seperti ini,” kata Ruslan, salah seorang pengunjung.

Surpan, warga lainnya mengatakan apa yang dilakukan menjadi contoh positif kepedulian abdi negara. Kepedulian macam itu menurutnya harus terus dipupuk dan dilestarikan dalan diri setiap abdi negara. 

Jangan hanya hadir saat melakukan penindakan hukum pada masyarakat saja. Namun lebih dari itu, aparat juga perlu ada untuk hal-hal sosial yang bersentuhan langsung dengan kepentingan umum. ”Kalau begini kan masyarakat jadi simpati,” katanya. (Wahyu Prihadi/Selong/r5)

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 Info NTB Share on Blogger Template Free Download .